Senin, 19 Desember 2011

sekolah kotak sabun mantan gudang beras...

Ngga tau kenapa nih,lagi pengen cerita tentang ini, buat yang request cerita (laganya udah kaya orang tenar aja!), sabar dulu yaa...hehe

Ini tentang sekolah menengah pertama (SMP) gue. Ngga tau kenapa ya gue dapet sekolahnya kaya gitu lagi, ini sekolah mirip sama sekolah almarhum (SD gue). Cuma ada 6 kelas doank, setiap tingkatannya dibagi jadi 4. Jadi kelas 1 ada 4 kelas, kelas 2 ada 4 kelas dan kelas 3 ada 4 kelas. Sistem masuknya juga pagi siang. untuk kelas 1-2 sampe 1-4 dan 2-2 sampe 2-4 masuk siang (ini kelas gue, gue di kelas 1-3 dan 2-2), sedangkan yang 1-1,2-1, masuk pagi dan kelas 3 masuk pagi semua. Kita ngga punya lab, tapi kamar mandi, mushola, ruang Eksul (walopun kecil) masih ada. Ruang komputer juga masih ada, walaupun tadinya gue kira tu gudang, tempat penyimpanan komputer rusak! (abisnya, tempatnya tuh dalem banget, melewati jalan sempit kaya gang tikus!).

Untuk masalah lab, kayanya gue dalam tiga tahun itu praktek cuma 1 kali doank (seinget gue, lupa ih!). Praktek fisika tentang lensa dan magnet. Berhubung kita ngga punya lab, kita nggelar karpet di tengah-tengah sekolah. Jadi sekolah gue tuh kaya rumah, begitu masuk perpus, ruang guru, kelas-kelas membentuk huruf U, tengahya kosong, biasa digunain buat acara-acara. Waktu itu gue kebagian shift siang, tapi gue telat. Gue bingung, pas nyampe ko yang gue liat pada duduk di karpet?? emang ada acara apaan..?? perasaan ngga ada apa-apa. Karena cape nggenjot sepeda, ngga banyak tanya, gue parkir sepeda, masuk, terus nemuin guru fisika gue. Beliau ngomong :
"Heh, kamu shift berapa?"
"Siang pak!"
"Telat ya?" gue ngangguk sambil ngumpulin oksigen. Cape! buru2 tadi dari rumah. 
"Yaudah duduk dulu."
"Dimana?"tanya gue polos
"Ya disitu." sambil nunjuk karpet yang udah di gelar. Gue nurut, duduk terus nungguin. Sambil nunggu gue mikir, ko kaya mau pengajian ye??tapi bodo amatlah, yang penting gue praktikum. 

Itu buat praktikum, laen lagi kalo buat olah raga. Gue pernah telat masuk sekolah (sering sih, hehe). Hukumannya tuh lari, kaya lari pas lagi pelajaran olahraga. Lari muterin sekolahan. Iih, konyol kan?! dimana-mana lari itu keliling lapangan sekolah, bukan kelilingin sekolahnya. Yaah, gue mah maklum, efek ngga ada lapangan. Yang kasian sih kalo anak cowo pada mau maen bola. Mereka itu terpaksa nutup jalan depan sekolah dulu, padahal itu jalan umum. Kalo motor mah bisa muter masih ada pengertiannya. Lah kalo mobil, mana bisa muter di jalan sempit gitu?! jadi yaah terpaksa deh kalo lagi ada mobil lewat, mesti bubar dulu. Beda lagi kalo mau upacara. Petugas-petugas upacaranya di dalem pager sekolah, pesertanya?? di luar gerbang, lagi-lagi mesti nutup jalan. Untuk upacara terpaksa mobil harus ngalah. Kan ngga mungkin, lagi serius-seriusnya upacara (boong banget, padahal pada ngobrol), tiba-tiba bubar cuma karena ada mobil. Cape baris berbarisnya kaleee...hehehe,.

Pokonya gitu deh,.
Pernah gue ngeluhin masalah ini sama orang rumah, eh orang rumah malah bilang "Yaaah, namanya juga sekolah bekas gudang beras. Jadi maklum aja!"
Gue nyaut kaga percaya "Heh? yang bener?" terus disautin lagi "Kan disebrang perunggu ada rumah angkatan darat, dulunya itu markas perang, terus gudang berasnya ya di sekolah ia." Gue bingung mau percaya apa ngga tapi gue cuma manggut-manggut aja. Yaudahlah.

Nah, ngeselinnya tuh pas gue baru masuk SMA, temen gue ada yang nanya
Temen : "Dari SMP mana?"
GW : "SMPN ....... Jakarta pusat"
Temen : "Dimana itu?"
Gw : "Di jalan Bla...bla...bla..."
Temen : "Ooooohhh, Sekolah kotak sabun itu ya? yang adanya di tengah-tengah perumahan dan cuma sepetak?" 
Santai banget manusia itu ngomong. Gue cuma nyaut "Maksud Lo???" terus pergi. SiauLLL!!!

Meskipun dibilang bekas gudang beras, kotak sabun dan cuma sepetak, lagi-lagi gue bilang, gue bangga dengan sekolah ini, kenapa?? karena sekolah ini termasuk sekolah negeri yang berprestasi. PMRnya, Marching Bandnya juara terus (walopun gue ngga ikut2an itu!). Dalam akademik juga bagus. Waktu jaman gue, masih megang 3 besar se jakarta pusat. heheh. Untuk ini, mungkin gue ikut nyumbang (sombong! :P). Kita kalah pamor cuma karena gedung doank (tetep ngebela! :P)

Sekian deehh....
:D

2 komentar:

  1. Kocak bgt mel w baca semuanya..
    Yg pasti walau sekolah kecil,, banyak bgt suka duka kita di sekolah itu yg ga akan pernah kita lupain...

    BalasHapus