Kamis, 15 Desember 2011

cerita gue...

Hari ini galau banget niih gue,.

Kurang kerjaan kayanya,.(padahal tugas kuliah numpuk, masih bilang kurang kerjaan, edaan!). Saking banyak yang numpuknya, gue jadi bingung mau ngapain dulu. Hehe, beginilah. perlu support euy!
Rasa-rasanya gue udah bosen banget kuliah. Gue mau kerja deh, cari uang gitu. Tapi aneh loh, gue buka pesbuk, buka twitter, buka koran, buka pikiran orang (lho?!) pokonya buka-buka ini itu deh, banyak banget yang mengeluh tentang pekerjaannya. Banyak banget yang pengen keluar dari perusahaan tempatnya menanam dan memanen uang. Kenapa ya? Dalam pikiran gue (yang baru kerja part-time dan serabutan) bekerja mengumpulkan uang sangat menyenangkan asal konsen. Seandainya gue ngga kuliah, mungkin gue udah panen uang aja kali, mungkin!. Tapi sayangnya, gue harus menunda panen uangnya demi mendapatkan hasil panen yang lebih memuaskan. Gue ngga pernah menyesal ambil jalan ini dulu sebelum panen uang (kuliah dulu booo!). Cuma gue udah bosan aja. Apa ketika kerja nanti bakalan ngerasa bosen juga ya?? atau mungkin bekerja itu sangat menyebalkan..?? sampe-sampe orang banyak yang pengen brenti kerja (padahal nyari kerja itu perlu usaha keras juga loh, kenapa pas udah dapet malah mau dilepas??). Mungkin karena gue belum merasakan dunia kerja seseungguhnya kali ya, makanya gue nanya ini itu. Hehehe.

Jadi inget waktu pertama kali melamar pekerjaan sendirian, tanpa bantuan dan info dari teman. Waktu itu gue lagi jalan-jalan di Mall terbesar yang ada di kota Baja, terus ngga sengaja mata gue tertuju sama pamflet yang nempel di tembok sebuah restoran internasional skala menengah. Pamflet lowongan kerja, sebagai pelayan, kerennya disebut server. Syaratnya ngga susah, cuma perlu ijazah SMA, poto kopi KTP, poto ukuran 3x4, udah itu aja untuk administrasinya. Selebihnya tinggi badan minimal 157 Cm, berpenampilan menarik, periang, enerjik, semangat, pas! itu kriteria gue banget! (haha, minimal gue manariklah :P)
abis liat pamflet itu, buru-buru deh gue pulang ke kosan nyiapin itu. gue sempet ngajak temen-temen tapi pada lama mikirnya. Alhasil gue ngelamar duluan. Pas mau ngasi itu lamaran, gila boo...gue grogi banget! udah deket ama tu restoran, gue puter balik, pulang lagi. Besoknya, gue balik lagi ke restoran itu, tapi mendadak gue keringet dingin, menjauh lagilah gue. Berapa hari ya gue bolak balik aja ngga ada hasilnya. Kalah sama keringet dingin gue yang bikin mules. Setelah gue beneran mantap (ada yang memantapkan, lewat komen di FB gue), akhirnya gue serahkan deh tu lamaran, dengan badan sangat-sangat dingin. Kemudian diukurlah tinggi badan gue, dan ternyata gue bisa masuk, karena tinggi gue 160 Cm. Alhamdulillah, pihak restoran bilang, "tunggu panggilan aja y, nanti kami hubungi untuk interview setelah seleksi administrasi beres." 
Gue pulang dengan perasaan ringan banget, seringan badan gue. Dan tanpa berharap gue bisa kerja paruh waktu disitu. Soalnya, yah jujur aja, itu cuma iseng-iseng berhadiah. heheh.
Satu minggu ngga ada kabar, dua minggu juga masih sepi, 3 minggu tiba-tiba HP gue bunyi di suatu pagi. Saat itu gue masi tidur, padahal jam dinding udah nunjukin bahwa jarum dia udah ada di angka 10 pagi hari. Dengan ogah-ogahan gue angkat itu telepon.
"Selamat pagi, dengan amalia?"
"Pagi, iya. Siapa ini?" tanya gue setengah sadar.
"Saya dari restoran kafhhd (sensor y), pernah naro lamaran kan?"
"Iya," jawab gue mulai keringet dingin.
"Tanggal 24 datang ke restoran y, untuk tes dan interview, jam 10 pagi."
"Oh, oke" gue ngga bisa ngemeng apa-apa lagi.
"Terima kasih, selamat pagi."
tut..tut..tut..
Telepon terputus dan gue ketawa sekenceng-kencengnya, sambil ngelempar HP ke bantal (dalam keadaan kurang waras , gue tetep sayang hp, hehe).

Hari itu tiba, dengan santai gue menuju tempat itu. Kostum gue kostum kayak kuliah aja, celana jeans, kemeja polkadot, kerudung warna ungu ngejreng! Sesampainya di sana, udah lumayan rame. Kebanyakan perempuan, lelaki cuma 2 butir dan semua berkostum putih-hitam. o..o..sepertinya gue saltum nih, pikir gue saat itu. Tapi bodo amatlah. Dengan cueknya, gue langsung ambil posisi tempat duduk di deretan paling depan. Semua mata tertuju pada anak ini. setengah salting, gue mencoba ramah dan berkenalan dengan orang di sebelah gue. Nggak suka banget keadaan yang bikin salting kaya gitu, dan untungnya trainer segera mengakhiri saat-saat salting gue. Trainernya cantik banget, manis, keturunan Arab kayanya. Dandannya pinter, badannya kurus tinggi tapi bagus, ngga kaya gue. Namanya Tesa. Gue cuma nyengir aja pas ngeliat orang itu. Untuk awal ukur tinggi badan (buat lebih pasti) terus diumumin siapa yang lolos, gue lolos. Ke dua tes psikotes. Gampanglah, lewat tuh tes dan diumumin siapa yang lolos, gue lolos lagi. Terakhir, Casting. Bergaya kaya orang yang jaga pintu restoran. Buset untuk tes ini mah gue panik banget! malu tau berlaga kaya gitu di depan umum. Gue ngga tuntas-tuntas nyoba berkali-kali. Di suruh ngulang lagi ngulang lagi. Akhirnya, setelah dinilai cukup baik, gue di suruh duduk lagi. Hasil di umumin hari itu juga. dua jam gue nunggu. Gue ngga berharap bisa diterima, mengingat Casting gue tadi gagal gara-gara dikalahin sama keringet dingin yang bikin mules. Tapi, ajaib ternyata gue diterima. Gue pulang dengan perasaan campur aduk. bingung sebenernya, mesti seneng atau stress, mengingat kuliah gue sedang memasuki tahap-tahap akhir. Tapi itu gue pikirin nanti, yang jelas itulah awal gue ngerasain kerja itu memang berat. Meskipun gue hanya pekerja paruh waktu.

Just share aja ini mah.
Tips : kalo interview pakailah pakaian yang rapi, dan standarnya kemeja putih, celana bahan hitam!
:D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar