Senin, 20 April 2020

Usaha bawa (sedikit) petaka

Assalamualaikum...
Sehat ya hari ini? Semoga selalu sehat...

Gue mau lanjut tulisan kemarin. Tentang sewa menyewa buku. Tau2 gue inget sesuatu yang lucu.

Jadi, pas SMP gue masi lanjut sewa menyewa buku. Tapi yang laku keras itu komik conan. Ada temen yang sekali sewa bisa 5 buku. Karna emang waktu itu conan gue super lengkap, komik lainnya doraemon. Pokonya dua komik itu waiting list aja. Dari situ, gue mulai bisa beli novel remaja, persiapan buat temen2 gue yang beranjak centil. Kan pasti sukanya yg bertema cinta-cintaan. Tapi taunya novel malah kurang diminati. Yowes gpp. 

Sepanjang taun pertama SMP, aman2 aja nih gue transaksi dikelas. Tiap hari gue bawa komik 3-5 lah ya. Ngga berani bawa banyak2 jg takut ada sidak. Tp alhamdulillah, taun pertama mah amaann.. 
Dan gue TERLENA..!!!

gue makin nyantai buat bawa komik k skolah. Karna sekalipun ada sidak, komik2 gue selalu aman. Kepercayaan diri gue waktu itu super tinggi. Nah, petaka dimulai ketika gue kelas 2 SMP pas gue lagi PeDe2nya. 

Waktu itu temen gue (pelanggan setia) nyewa 5 komik, dan minta gue bawa 3 komik tambahan buat barter. Gue jg sengaja bawa tabloid ga*l edisi harry potter. Karna ada temen jg sesama penggemar harry potter mau ikut baca. Aslinya feeling gue ngga enak banget hari itu. Gue males bawa komik. Tp temen gue ini maksa dan blg bakalan tanggung jawab apapun resikonya. Yaudah, okelah gue bawa.

Di kelas, sipenyewa nyantai aja ngluarin semua komik di mejanya. Ngga tanggung2 8 komik dia kluarin smua. Paniklah gue. (Itu lg pergantian jam pelajaran, lg nunggu guru bahasa inggris). Kita dapat info sang guru ndak masuk jd gue sama temen2 lain pada asik aja ngobrol, baca komik, baca tabloid, ribut di kelas. Lg pada asik sendiri tiba2, "good afternoon class!" Suara menggelegar sang guru bikin kelas langsung hening seketika. Ngga ada yg sempet benerin posisi duduk atau beres2 meja. Kayanya guru gue langsung sadar banyak hal. 

Mula2 dia ambil tabloid gue. Dilempar sampe sobek2. Trus Dia lempar spidol sama penghapus papan tulis ke temen2 cowo gue yg lg ngumpul di bangku blakang, terakhir 1 komik gue dia lempar jg sampe cover depannya sobek. Pokonya Udah kaya ada angin topan, banyak benda beterbangan. Syok gue!

Alamat gue dipanggil ke ruang guru, masuk ruang BP. Mati. 
Gue nengok ke temen yg sewa buku. Mukannya pucet banget. Tapi mulutnya komat kamit blg, "tenang." 
Gila kali, gmn bisa tenang sih? Komik gue 8 biji alamat di sita. Tabloid gue udah sobek. Belum lagi urusan sama guru2, wali kelas. Mati. Pokonya mati aja. 

Abis guru ini marah2, dia ngga jadi ngajar. Bad mood. Minta sipemilik komik dan tabloid tanggung jawab ikut dia ke ruang guru. Gue, udah pasrah banget. Maju dan ikutin si guru. Teman gue yg sewa jg ngekor di blakang. Sepanjang jalan kita banyak2 doa aja. 

Sampe ruang guru, kita diomelin lagi. Baru ditanya itu punya siapa. Gue jawab lesu banget, melas. Tapi temen gue ikutan bela, dia blg, "amel yg punya bu. Saya sewa. Saya yang minta amel bawa ke sekolah." 
Si guru tetep ngga terima. Kenapa mau aja gue bawa ke sekolah. Kan bisa sewa menyewanya di luar sekolah. Kita ngga bisa jawab. si guru ngotot mau sita itu komik dan manggil orangtua. Haduh, papah bisa ngomel. Bisa jg gue ngga dibolehin beli2 komik lagi. Gue minta maaf, janji jg ngga akan ngulang. Pokonya gue melas bangetlah. Minta ngga usah bawa2 orangtua, kan bukan mo acara lamaran. (Ngaco).  Pokonya gue melas lah. Sampe jam pulang sekolah jg gue ngebujuk terus. Akhirnya, si guru luluh. Beliau ngga jadi panggil orangtua. Gantinya komik gue di sita dulu sampe gue ketemu wali kelas. 
Dan ya Allah, wali kelas gue waktu itu super banget guys!!! Udah masuk lansia deh, ngga galak sih tapi ngeleyeud (kata orang sunda mah). Jadi, akhirnya gue di kerjain dulu. Suruh nulis permohonan maaf, lari keliling sekolah plus di ceramahin panjang lebar. Kebetulan si wali kelas jg guru agama, gue disuru janji buat insaf masa dan di omongin di depan kelas. Wali kelas minta gue ngikutin ucapanya yang kurang lebihnya bgini,
"Teman-teman dan pak guru, saya minta maaf telah membuat kegaduhan. Saya berjanji tidak akan mengulangi lagi. Saya juga berjanji akan insyaf dan tobat. Tidak lupa saya juga akan melakukan sholat tobat. Tobat. Tobat. Tobat."
Entah apa mksd dr pak guru ketika beliau minta gue mengulang kata tobat terus. Pokonya gue Malu donk. Mana ada gebetan juga. Rusak reputasi gue!!!

Yaudahlah, sejak dari itu gue kapok sih transaksi di sekolah. Temen gue jg kapok. Akhirnya komik2 gue balik. Tapi tabloid kagaaa. Sedihh. Hahaha.

Itu jadi pelajaran juga buat gue. Gue ngga bawa macem2 lagi ke sekolah. Apa yang di larang buat di bawa pasti ngga akan gue bawa. Kapoklah, pokonya kapok. 

Sekian ceritanya,. Makasi buat yang udah mau baca. Ada yang bisa diambil ga dari cerita ini? Semoga ada. Sampe ketemu di cerita berikutnya. 

Wassalam. 
😉😉😉


Tidak ada komentar:

Posting Komentar